Artikel Yang Paling Populer

Saturday, June 13, 2009

Perlukah Blog Dirubah Menjadi Do Follow?

| Saturday, June 13, 2009 | 29 comments

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi

Sebagai salah satu cara yang dipercaya dapat meningkatkan traffic dan page rank blog adalah dengan merubah status blog No Follow menjadi Do Follow. Teknik ini sudah banyak dilakukan oleh para pemilik blog agar dapat meningkatkan traffic dan mendapat page rank tinggi.Namun yang jadi pertanyaan seberapa pentingkah perubahan status menjadi blog Do Follow ini?
Sebenarnya apakah arti Do Follow itu sendiri? Disini saya tidak dapat menjelaskan lebih terperinci karena arti dari Do Follow ini. Banyak versi dari arti Do Follow ini.Anda dapat mencarinya pada blog-blog lain yang dapat menjelaskan lebih detail mengenai Do Follow ini.
Untuk menaikkan traffic dan mendapatkan page rank dari google bukan hanya mengubah status blog menjadi Do Follow saja tetapi banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya.
1.Blog tersebut mempunyai konten yang bermutu dan selalu diupdate.
2.Blog harus kelihatan friendly bukan malah menyeramkan bagi pengunjung.Buatlah senyaman mungkin para pembaca blog dengan menyediakan tab navigasi yang memudahkan untuk bisa menemukan konten dari blog.
3.Melakukan tukar link sesama blog terutama terhadap blog yang sudah mempunyai page rank tinggi.
4.Memberi tautan internal link didalam blog itu sendiri dan mengurangi external link apalagi yang tidak ada hubungan dengan konten blog.
5.Mendaftar menjadi anggota social net seperti seperti Twitter, Mybloglog, dll.
6.Melakukan blog walking dan memberi komentar.
Cara-cara diatas juga saya lakukan walaupun baru dua bulan ini melakukan update blog karena sempat vakum selama satu tahun lebih, PR marchsya blog ini masih bertahan pada PR-3 dan kenaikan traffic yang signifikan dari 2 jutaan ke 504 ribu (versi alexa)
Dari beberapa pengamatan saya terhadap blog yang baru dibuat dan sudah lama dibuat, ternyata ada blog yang baru saja dibuat namun sudah langsung mendapat PR 2.Begitu sebaliknya ada blog yang sudah lama dibuat namun masih bertahan, naik atau turun PRnya.Mungkin saja karena mereka menerapkan cara-cara seperti diatas.Salah satu contoh blog newbie yang langsung mendapat PR tinggi adalah blog kang yudiono yang langsung dapat PR-2 dan blog Ada Apa Yep yang mendapat PR-5 (kebetulan saya sudah dapat backlink dari blog Ada Apa Yep ini,hehehehe…)
Lantas apakah keuntungan status blog Do Follow?.
Yang saya tahu keuntungannya adalah akan menarik pengunjung untuk memberi komentar pada postingan.Ini tentu saja akan menaikkan traffic kunjungan.Pengunjng akan rajin memberi komentar pada blog Do Follow karena setiap link pada komentar mereka dapat menjadi one way backlink yang dapat disearch google.
Lalu kerugiannya?
1.Untuk blog Do Follow kemungkinan akan mempunyai banyak external link yang akan menurunkan page rank blognya.Andaikan 1 orang pengunjung memberi komentar 10 kali berarti blog Do Follow ini mempunyai external link sebanyak 10 link.Gimana jika 10 orang melakukan hal yang sama?
2.Akan memungkinkan masuknya komentar yang bernada spam.Kecuali blog Do Follow ini menerapkan sistem moderator komentar sebelum dipublish.
Kembali kepada anda sebagai pemilik blog apakah perlu mengubah status blog anda dari No Follow menjadi Do Follow? Jika anda memutuskan mengubahnya menjadi Do Follow, silakan melihat cara mengubah NoFollow menjadi DoFollow pada blog.

29 comments:

Yudie said...

Aku sebenarnya gak ngerti yg begituan..juga mengenai PR aku kurang peduli. Tapi setelah baca2 blog para sahabat jadi penasaran juga. Makanya blog-ku juga udah aku ganti jadi DO FOLLOW. Tapi gak tau juga seh perubahannya apa... heheheh...
Nice post Mas Franky, yang penting ngeblog jalan teruusss.....

Unknown said...

Idem....agak kurang ngerti dengan tips&trik
tp dah dapet PR1 lumayan....
nice share sobat

Kang Yudiono said...

Siiiiiiip...Tapi, sedikit koreksi neh perihal tata bahasa. Setahu saya, tidak ada kata "dirobah". Yang benar adalah diubah yang berasal dari di + kata ubah.

Begitu pula dengan kata merubah, semestinya mengubah. Tidak ada kata dasar rubah, yang ada ubah. Aturannya, bila me + kata berawalan u maka me menjadi meng-. Misalnya me + undang=mengundang.

Btw, saya lagi blogging di Sorowako neh...Cepat sekali koneksi telkomflash dibandingkan di Wawondula.

franky said...

@Mas Yudie, yang penting blogging jalan terus bro.Thanks
@Si kumbang, terima kasih atas kunjungannya.
@Kang Yudiono, terima kasih atas koreksi.Memang perlu kita saling mengoreksi.Happy blogging kang,saya dirumah saja.Aku sudah koreksi kata2nya.

Anonymous said...

Jika memang berguna, kenapa tidak...

andie said...

ga ngerti sama yang gituan.
mendingan sistem blog Dofollowment sob.
hauhahaa..
kayak bllog aku punya.
hehehe :D

Joko Blog said...

blog dofollow tergantung kebutuhan, kalo emang tujuannya seperti yang dijelaskan itu, emang ok koq, cm kalo kita ngeblog sbg iseng2 hanya buat arsip2 & catatan sendiri dofollow ataupun noffolow ngk jd masalah, mungkin beda lagi kalo tujuannya untuk jd blogger matree (pengen.... :D), btw thanks infonya...

anggaarie said...

dofollow...aku pasang tuh...he3..

Anonymous said...

apa tu ya dofollow?:-o kok aQ ru denger skarang ya?hehe.,..:D tau nya follow ajja'e... wah udik.......!!!b-(

Flash-man said...

bro ajarin lebih banyak lagi cara meningkatkan pagerank...krn aq sama ma yudie ga ngerti soal gitu2an, yg jlas ngeblog aza trus =))

Merin said...

mer masih awam bgt sama do follow no follow neh?
franky sa ngajarin mer gak?

^^,

goceng said...

jadi gitu ya...kebetulan sy juga menganut dofollow
enak donk dp baclink dari pr 5. boleh donk sekalian tuker link...kalau boleh tolomg konfirmasi ya. trims

TUTORIAL WEBSITE said...

kalau semakin banyak link oubound bukannya bisa membuat PR kita turun ya pak? aq sampe skrg blm nerapin do follow..heheheh

Yenly said...

AQ ga terlalu ngerti dengan Do Follow karena blog q ga nerapin do follow.

draxc0la said...

weh mantep neh.. article nya, sangat membantu.. thanks ya....

Unknown said...

Kalau tips yang 1 ini aq baru tahu, mungkin sebaiknya kucoba aja, thx ya marshya.
Oh ya marsya tau tentang LYNX ?? aku bingung ga bisa nginstall-nya.
main dong ke : BIZRIL

Unknown said...

gw baru ngeblog selama 3 minggu aja langsung dapat PR 3............
gw jg heran................ cek aja blog aktifnya aja bulan juni..........

franky said...

@aa, terima kasih juga.Aku juga belum tahu tentang LYNX??
@affiliasi, selamat sudah langsung dapat PR 3.Sukses dengan blognya

Dinda Watson said...

Kalau saya nggak mau.
Tapi berkomentar di Blog DoFollow seru =))

noER said...

Thanks untuk informasinya,Tapi ku belum ngerti betul tentangdofollow

dellanovski said...

aku berminat dofollow, tapi klo dipropertis relationnya kok masih nofollow ya. cara liat sebuah blog dah dofollow gimana ?

Widy Jantiko said...

webku kayanya dah do follow dan sering melakukan blogwalking.. sebulan ini.. Alhamdulillah Alexa rankku melonjak tajam tapi google prku masih nol... gimana yah...

Free Templates said...

hemmm penting juga ya.. ikutan ah.. hehe

Administrator said...

nais inpoh mbak..atw mas? :D piss..tp kok blog anda masih PR 2 ya?

idwebhost.com trend hosting indonesia said...

blog dofollow memang cara yg paling mantap buat ningkatin traffic selain itu diselingi dgn blog walking, alhamdulillah blog saya skrng mulai ramai pengunjungnya setelah di dofollowkan. Saya rasa dofollow tdk akan menurunkan pr meskipun banyak outbound link buktinya blog sobat sendiri pr nya naik dan blog nya link tea yg sudah lama tdk update juga naik prnya padahal outbound linknya buanyak bgt. Kayanya penentu pr skrng adalah banyakmya traffic dan bl cuma pelengkap saja. Kalo saya sih tdk mempedulikan pr yg penting keyword target saya bisa muncul di halaman 10 besar google udah cukup.

Bayu Basayev said...

Terima kasih infonya… sebenarnya saya agak rancu juga antara Do dan NO.. sekarang saya sudah cukup paham perbedaan yang cukup mendasar antara Dofollow dan Nofollow …. btw makasih pencerahaannya ya…

www.mysmartfx.com

User3 said...

nice post..:)

Burinik.com said...

jadi tambah bingung nih :(
mau diubah jadi dofollow apa ngga ya
nanti malah banyak external link lagi :(
emang kalo banyak external link kenapa om.? :O

#super bingung -_-

Anonymous said...

aku udah ubah jadi dofollow tapi ketika kucek dengan add ons kok masih tetep nofollow ya?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Followers

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com