Artikel Yang Paling Populer

Monday, September 07, 2009

Berbuat Baik Terhadap Orang Lain, Melapangkan Dada

| Monday, September 07, 2009 | 13 comments

Kebajikan itu sebajik namanya, keramahan seramah wujudnya, dan kebaikan sebaik rasanya. Orang-orang yang pertama kali akan dapat merasakan manfaat dari semua itu adalah mereka yang melakukannya. Mereka akan merasakan "buah"nya seketika itu juga dalam jiwa, akhlak, dan nurani mereka. Sehingga, mereka pun selalu lapang dada, tenang, tenteram dan damai. Ketika diri Anda diliputi kesedihan dan kegundahan, berbuat baiklah terhadap sesama manusia, niscaya Anda akan mendapatkan ketentraman dan kedamaian hati. Sedekahilah orang yang papa, tolonglah orang-orang yang terzalimi, ringankan beban orang yang menderita, berilah makan or-ang yang kelaparan, jenguklah orang yang sakit, dan bantulah orang yang terkena musibah, niscaya Anda akan merasakan kebahagiaan dalam semua sisi kehidupan Anda!
Perbuatan baik itu laksana wewangian yang tidak hanya mendatangkan manfaat bagi pemakainya, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitarnya. Dan manfaat psikologis dari kebajikan itu terasa seperti obat-obat manjur yang tersedia di apotik orang-orang yang berhati baik dan bersih. Menebar senyum manis kepada orang-orang yang "miskin akhlak" merupakan sedekah jariyah. Ini, tersirat dalam tuntunan akhlak yang berbunyi, "... meski engkau hanya menemui saudaramu dengan wajah berseri." (Al-Hadits) Sedang kemuraman wajah merupakan tanda permusuhan sengit terhadap orang lain yang hanya diketahui terjadinya oleh Sang Maha Gaib.
Seteguk air yang diberikan seorang pelacur kepada seekor anjing yang kehausan dapat membuahkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Ini merupakan bukti bahwa Sang Pemberi pahala adalah Dzat Yang Maha Pemaaf, Maha Baik dan sangat mencintai kebajikan, serta Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Wahai orang-orang yang merasa terancam oleh himpitan kesengsaraan, kecemasan dan kegundahan hidup, kunjungilah taman-taman kebajikan, sibukkan diri kalian dengan memberi, mengunjungi, membantu, menolong, dan meringankan beban sesama. Dengan semua itu, niscaya kalian akan mendapatkan kebahagiaan dalam semua sisinya; rasa, warna, dan juga hakekatnya. {Padahal tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya. Tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Rabb-nya Yang Maha Tinggi. Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan.} (QS. Al-Lail: 19-21)
Sumber : La Tahzan

13 comments:

Yudie said...

Renungan pagi yang istimewa Mas Franky...
Berbuat baik pada orang lain memang akan banyak mendatangkan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain....

Zippy said...

Hmmm, mari kita melakukan yang terbaik untuk orang lain dan diri kita sendiri.... :)

Rachel said...

Saya suka buku La Tahzan .... karangan DR. Aidh al-Qarni, kadang kalau hati gundah sering saya baca ulang.
Selamat puasa ya Sobat.

patahati said...

Blog ini begitu menyejukan dan mampu memberi pencerahan jiwa.

Animation, money n more said...

betul sob dengan berbuat baik kepada orang lain akan melapangkan dada kita dan akan menghasilkan sesuatu yang tak ternilai untuk kita kelak...

tips dan trik blogspot said...

wah, kalo berkunjung ke blog sebeken ini, membuat blog aku juga ikutan beken,daku numpang beken ya sob, makasi...

cubadak-angek said...

berkunjung aja sob

Yudie said...

met beristirahat Mas Franky.... biar gak telat makan sahurnya...

Gostav Adam said...

sebagai sesama manusia kita harus saling menolong karena kita adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain

mampir ke blog kami

Brojomusti Dept. said...

semua perbuatan yang ada didunia ini pasti menggunakan hukum sebab akibat dan hukum tarik menarik. Apabila kita sering berbuat baik kepada orang lain dalam bentuk apapun, kita pasti akan mendapatkan imbalan berupa pahala dan juga hasil di dunia ini.
misal: semakin gemar bersedekah, kitra justru tidak akan miskin tetapi malah bertambah kaya...

peraba said...

ane suka ne........

mampir juga ke blog ane

yoyo said...

bagus bgt gan artikelx....
salam knal semua tuk pra bloger....

Randi Irawan said...

nice share..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Followers

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com