Artikel Yang Paling Populer

Sunday, May 03, 2009

Senyum

| Sunday, May 03, 2009 | 7 comments


"Senyummu terhadap saudaramu merupakan sedekah."
(Riwayat al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam (SAW) adalah pribadi yang selalu tersenyum.Diriwayatkan dari Jabir dalam Shaih Bukhari dan Muslim, Jabir berkata,”Sejak aku masuk Islam, Rasulullah SAW tidak pernah menghindar dariku.Dan beliau tidakmelihatku kecuali beliau pasti tersenyum kepadaku,”.
Makanya, Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk tersenyum kepada saudara mereka.Ini menunjukan bahwa aktivitas tersenyum bukanlah hal yang remeh, apalagi sia-sia, bahkan sebaliknya.menunjukkan bahwa tersenyum itu sangat penting.
Pendapat itu didukung oleh para ahli.Majalah Psychology Today pernah menurunkan nasihat, dengan tersenyum orang lain yang baru mengenal bakal merasa nyaman untuk melakukan komunikasi.Dan ketika seseorang tersenyum, betapapun sedang tidak bahagianya orang tersebut, otak mereka akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sekaligus juga memberi daya daya angkat bagi kondisi psikologis seseorang.
Seorang psikolog di Universitas Michigan, Prof.James V.McConnel juga mengatakan bahwa, orang yang tersenyum cenderung mampu mengatasi, mengajar, dan menjual dengan lebih efektif, serta mampu membesarkan anak-anak yang lebih bahagia.Senyum itulah yang mendorong semangat.
Kesimpulannya, ternyata disamping baik untuk kondisi fisik dan psikis yang bersangkutan, senyuman juga memberikan dampak positif bagi orang lain.Pantaslah jika Rasulullah SAW menilainya sebagai bentuk sedekah.
Sumber:Majalah Hidayatullah


7 comments:

Rizqy Shewhite said...

betul betul betul
senyum adalah ibadah sahabat ya

Hisab Falak said...

senyum harus bersumber dari hati, jangan senyum yang sekedar dipaksakan.

Franky said...

@ism, betul sobat itulah yang diajarkan oleh Rasulullah.
@Hisap Falak,betul

kurniawan.q said...

juga untuk menghibur orang yang di ajak senyum

NAS said...

senyum yang indah tentu asik kalo bergigi sehat ya..

Anonymous said...

Mari tersenyum .....

Salam Kenal .bayuitem.
http://smilesenyum.blogdetik.com/

Cara Membuat Facebook said...

senyum bisa membuat orang lain senang juga

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Followers

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com