Artikel Yang Paling Populer

Saturday, July 16, 2011

Lima Hikmah Menikah

| Saturday, July 16, 2011 | 21 comments



Anjuran telah banyak disinggung oleh Allah dalam al-Quran dan Nabi lewat perkataan dan perbuatannya. Hikmah yang terserak di balik anjuran tersebut bertebaran mewarnai perjalanan hidup manusia.

Secara sederhana, setidaknya ada 5 (lima) hikmah di balik perintah menikah dalam Islam.

Pertama, sebagai wadah birahi manusia

Allah ciptakan manusia dengan menyisipkan hawa nafsu dalam dirinya. Ada kalanya nafsu bereaksi positif dan ada kalanya negatif.

Manusia yang tidak bisa mengendalikan nafsu birahi dan menempatakannya sesuai wadah yang telah ditentukan, akan sangat mudah terjebak pada ajang baku syahwat terlarang. Pintu pernikahan adalah sarana yang tepat nan jitu dalam mewadahi ‘aspirasi’ nulari normal seorang anak keturunan Adam.

Kedua, meneguhkan akhlak terpuji

Dengan menikah, dua anak manusia yang berlawanan jenis tengah berusaha dan selalu berupaya membentengi serta menjaga harkat dan martabatnya sebagai hamba Allah yang baik.

Akhlak dalam Islam sangatlah penting. Lenyapnya akhlak dari diri seseorang merupakan lonceng kebinasaan, bukan saja bagi dirinya bahkan bagi suatu bangsa. Kenyataan yang ada selama ini menujukkkan gejala tidak baik, ditandai merosotnya moral sebagian kawula muda dalam pergaulan.

Jauh sebelumnya, Nabi telah memberikan suntikan motivasi kepada para pemuda untuk menikah, “Wahai para pemuda, barangsiapa sudah memiliki kemampuan untuk menafkahi, maka hendaknya ia menikah, karena menikah dapat meredam keliaran pandangan, pemelihara kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, hendaknya ia berpuasa, sebab puasa adalah sebaik-baik benteng diri.” (HR. Bukhari-Muslim)

Ketiga, membangun rumah tangga islami

Slogan “sakinah, mawaddah, wa rahmah” tidak akan menjadi kenyataan jika tanpa dilalui proses menikah. Tidak ada kisah menawan dari insan-insan terdahulu maupun sekarang hingga mereka sukses mendidik putra-putri dan keturunan bila tanpa menikah yang diteruskan dengan membangun biduk rumah tangga islami.

Layaknya perahu, perjalanan rumah tangga kadang terombang-ambing ombak di lautan. Ada aral melintang. Ada kesulitan datang menghadang. Semuanya adalah tantangan dan riak-riak yang berbanding lurus dengan keteguhan sikap dan komitmen membangun rumah tangga ala Rasul dan sahabatnya.

Sabar dan syukur adalah kunci meraih hikmah ketiga ini. Diriwayatkan tentang sayidina umar yang memperoleh cobaan dalam membangun rumah tangga.

Suatu hari, Seorang laki-laki berjalan tergesa-gesa menuju kediaman khalifah Umar bin Khatab. Ia ingin mengadu pada khalifah, tak tahan dengan kecerewetan istrinya.
Begitu sampai di depan rumah khalifah, laki-laki itu tertegun. Dari dalam rumah terdengar istri Umar sedang ngomel, marah-marah. Cerewetnya melebihi istri yang akan diadukannya pada Umar. Tapi, tak sepatah katapun terdengar keluhan dari mulut khalifah. Umar diam saja, mendengarkan istrinya yang sedang gundah.Akhirnya lelaki itu mengurungkan niatnya, batal melaporkan istrinya pada Umar.

Apa yang membuat seorang Umar bin Khatab yang disegani kawan maupun lawan, berdiam diri saat istrinya ngomel? Beliau berkata, “Wahai saudaraku, istriku adalah yang memasak masakan untukku, mencuci pakaian-pakaianku, menunaikan hajat-hajatku, menyusui anak-anakku. Jika beberapa kali ia berbuat tidak baik kepada kita, janganlah kita hanya mengingat keburukannya dan melupakan kebaikannya.”

Pasangan yang ingin membangun rumah tangga islami mesti menyertakan prinsip kesabaran dan rasa syukur dalam mempertahankan ‘perahu daratannya’.

Keempat, memotivasi semangat ibadah

Risalah Islam tegas memberikan keterangan pada umat manusia, bahwa tidaklah mereka diciptakan oleh Allah kecuali untuk bersembah sujud, beribadah kepada-Nya.

Dengan menikah, diharapkan pasangan suami-istri saling mengingatkan kesalahan dan kealpaan. Dengan menikah satu sama lain memberi nasihat untuk menunaikan hak Allah dan Rasul-Nya.

Lebih dari itu, hubungan biologis antara laki dan perempuan dalam ikatan suci pernikahan terhitung sebagai sedekah. Seperti diungkap oleh rasul dalam haditsnya, “Dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah.” “ Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa, demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala.” (HR. Muslim)

Kelima, melahirkan keturunan yang baik

Hikmah menikah adalah melahirkan anak-anak yang salih, berkualitas iman dan takwanya, cerdas secara spiritual, emosional, maupun intelektual.

Dengan menikah, orangtua bertanggung jawab dalam mendidik anak-anaknya sebagai generasi yang bertakwa dan beriman kepada Allah. Tanpa pendidikan yang baik tentulah tak akan mampu melahikan generasi yang baik pula.

Lima hikmah menikah di atas, adalah satu aspek dari sekian banyak aspek di balik titah menikah yang digaungkan Islam kepada umat. Saatnya, muda-mudi berpikir keras, mencari jodoh yang baik, bermusyawarah dengan Allah dan keluarga, cari dan temukan pasangan yang beriman, berperangai mulia, berkualitas secara agama, lalu menikahlah dan nikmati hikmah-hikmahnya. Wallahu A`lam.

Sumber : Hidayatullah.com
Sumber gambar :

21 comments:

Yoga said...

ya ya ya, betul..rumah tangga adalah satuan terkecil sebuah negara besar..jika baik dan kokoh rumah tangga rumah tangga di Indonesia, kokoh pula negara ini..ayo para pemuda dan pemudi, menikahlah..niatkan ibadah...

Akmal Fahrurizal said...

Nunggu mapan dulu ah, baru nikah. But, honestly, nahan godaan sama hal yang pertama itu berat banget.

FSI said...

setelah menikah hidup kita makin terarah.

salam dari
http://www.forumsantri.com/

Jasa Seo said...

jadikan menikah untuk memberkati orang lain melalui pernikahan kita

Kontraktor Bali said...

wah ternyata dari menikah bisa memperoleh banyak hikmah

Maspray said...

Subhanallah....Keren sekali....Hmm...Sekedar mampir karena dulu saya sempat request tukar link dengan Blog ini. Dan pemberitahuan juga bahwa link blog akang sudah saya pasang semenjang 1 bulan yang lalu...Apa tukar linknya bisa disetujui? Maaf tapi blog saya baru PR2, tidak seperti blog akang yang sudah PR3.
Bila link saya sudah dipasang, makasi ya mas...
Teknik Komputer

creative zone said...

subhannallah,

obat alami batuk darah said...

terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baru yang sangat bermafaat

penanganan herbal penyakit stroke said...

informasi yang sangat bermanfaat untuk masa depan gan hehehehe

Obat Maag said...

terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat di tunggu artikel berikutnya

Pujangga Penuh Warna said...

Bagai bunga terhampar ditengah taman surga,
Apakah sang kumbang hanya terbang kesana kemari,
Yang kuharapkan bukan lah kau beri indahnya cinta,
Yang kuharapkan adlah kau ada untuk kumiliki,..

Sang waktu hanya menjalankan kewajibannya,
Yaitu mengingatkan sang pecinta tuk lebih memahami,
Andai benar benar kau tercipta untuk ku cinta,
Sungguh engkaulah anugerah terindah yg kumiliki,..

Tiada awal yang tak berakhir,
Tiada mimpi yg menjadi nyata,
Apakah mungkin pertemuan kita sebagai takdir,
Ku harap jalan kita berdua penuh cinta dan dzikir untukNYA...

Obat benjolan di bawah rahang said...

http://obatbenjolandibawahrahang.wordpress.com/Senang bisa berkomentar disini, menurut saya ini blog keren sekali kawan.

obat penyakit hepatitis said...

artikel yang anda sajikan di blog ini sangat menarik. Ditunggu artikel selanjutnya.

obat radang usus buntu untuk anak dan dewasa said...

mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada Keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

obat sariawan usus said...

Jika anda ingin meraih sukses, hindarilah untuk berfikir tentang kegagalan, namun berfikir dan berusahalah untuk berhasil.
obat sakit gigi dan gusi ibu hamil
obat gejala demam berdarah anak

obat tukak lambung anak said...

Kalau tidak pernah berani tersesat, maka kalian tidak akan pernah menemukan jalan baru.
obat penyakit maag anak
obat sariawan kronis

obat sendi lutut bengkak said...

Janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari
obat luka bibir vagina
jual obat kencing berdarah

obat herbal polip hidung said...

True that we don't know what our property until we lost it, but it is also true that we don't know what we ever had yet until we get it.
obat tradisional sinusitis

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Berbagi Info Kesehatan said...

Your eyes can see the things clearly. But with your heart, you can see the truth even without eyes.
Berita Kesehatan Terkini

Seputar Kesehatan Alami

Cara Menjaga Kualitas Sperma

obat penurun trigliserida tinggi pada ibu hamil said...

obat alergi
obat herbal
obat sakit asam lambung akut
obat asam urat tinggi
obat hepatitis

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Followers

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com