Artikel Yang Paling Populer

Monday, October 05, 2009

Petinju Berjilbab di Olimpiade 2012

| Monday, October 05, 2009 | 7 comments

Asosiasi Tinju Internasional (IBA) yang memberi gelar dunia sekaligus membawahi kejuaraan mengatakan, petinju Muslim akan diijinkan bertarung di Olimpiade 2012 dengan menjalankan anjuran berpakaian agama mereka. "Kini, tak ada lagi halangan bagi petinju wanita untuk berlaga dalam ring dengan pakaian tertutup," ujar jurubicara IBA seperti yang dikutip Sunday Times, (4/10).

Olimpiade 2012 musim panas di London, bakal menjadi ajang pertama kali yang membolehkan petinju wanita turun di arena ring. Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan wanita akan bertarung di tiga nomor, kelas bulu (48-51 kg), kelas ringan (56-60 kg) dan kelas menengah (69-79 kg), dengan 12 petinju di masih-masing kelas.
Banyak negara dan bangsa Muslim mempertimbangkan mengirim petinju wanita mereka, termasuk yang mengenakan jilbab, ke Olimpiade.
"Permohonan terkait agama harus dipedulikan dan kami berupaya menjadi inklusif sebisa mungkin," ujar pejabat IBA. Maklum saja, isu jilbab dalam olahraga adalah musuh di kalangan Barat akhir-akhir ini.
Satu grup petinju berjilbab Afghanistan kini tengah menyiapkan bertanding di kualifikasi Olimpiade 2012. Di negara yang tercabik perang selama 30 tahun lebih dan dikendalikan masyarakat didominasi pria konservatif, para petinju wanita itu bisa dibilang duta besar perdamaian bagi negara mereka.
Bahkan, sebuah lembaga bantuan berbasis di London, Oxfam, mensponsori para petinju wanita Afghan tersebut, demikian menurut laporan Times. "Kami bangga mendukung para atlet yang menantang stigma terhadap wanita Afghan melalui hal-hal damai," ujar lembaga tersebut.
Di dalam tim petinju wanita Afghan, terdapat 25 atlet yang berusia antara 14 hingga 25 tahun. Mereka kini mengikuti sejumlah sesi latihan keras di stadion Olimpiade Kabul di bawah asuhan pelatih Fadir Sharify, mantan petinju profesional yang membujuk keluarga para atlet, bahwa bukanlah tidak pantas untuk terjun ke ring
Mirwais Wardak, salah satu atlet dalam program tinju Kabul mengatakan, tim itu adalah sebuah langkah besar bagi wanita Afghan. Baginya hal tersebut sebuah tindakan menantang stereotip tentang bagaimana wanita seharusnya berperilaku.
Kementrian Olimpiade Inggris, Tesa Jowell, yang melobi tinju wanita agar diakui dan dimasukkan sebagai salah satu cabang Olimpiade berharap melihat petinju wanita Afghan itu dapat sampai di arena Olimpiade London.

7 comments:

Zippy said...

Wah, bagus donk.
Sekarang tidak ada lagi yang namanya diskriminasi antar agama maupun gender :)

TRIMATRA said...

hemm, lagi2 soal kwajiban beragama dibenturkan dengan persoalan2 sepele...

ammadis said...

Syukurlah...heran juga yaa padahal di barat sana agama kan 'terpisah' dengan kegiatan dunia...koq masih saja di ributkan soal pakaian...nggak kommit yaa...

Terima Kasih untuk tukeran link-nya, link dah kupasang, silahkan di cek ya fren...back link nya juga kasi tau yaaa

Rigih said...

bingung jura mo berkata apa
apa kemudian islam bangga dg hal seperti ini?

Franky said...

@sebenarnya hal ini perlu dipertanyakan lagi, apalagi yang melakukan adalah kaum muslim.

viv said...

ea sih keliatan seperti menggembirakan, tetapikan bagaimana sih hukumnya wanita ikutan tinju...boleh kagak ya???

Bisnis n Hobby said...

yep. ok2 aja sih, cuma msh blm terbiasa aja klo liat petinju berjilbab ya. tapi info ini bagus sob.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Followers

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com